Kunjungan Virtual

UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG (UNISBA) MELAKUKAN KUNJUNGAN KE PUSAT SUMBER DAYA MINERAL BATUBARA DAN PANAS BUMI SECARA VIRTUAL DALAM FORMAT WEBINAR.


Hallo Sobat PSDMBP !
Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi untuk beradaptasi dengan adaptasi kebiasaan baru agar tetap produktif dan aman dari COVID-19 di lingkungan Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, menetapkan untuk agenda kegiatan kunjungan belajar maupun kunjungan ke fasilitas Laboratorium PSDMBP yang biasanya dilaksanakan secara langsung/tatap muka sebagai agenda tahunan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Geologi dan Pertambangan maupun Perguruan Tinggi Negeri/Swasta menjadi dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting.

Sebagai salah satu syarat kelulusan dari praktikum mineralogi dan juga petrologi maka setiap mahasiswa harus melakukan praktikum untuk menambah wawasan  serta membandingkan antara teori yang diperoleh di bangku kuliah dengan keadaan di lapangan, Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Universitas Islam Bandung (UNISBA) melakukan kunjungan ke Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi secara virtual dalam format webinar.

Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi merupakan suatu instansi pemerintah yang berada langsung di bawah naungan Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta memiliki tugas untuk dapat menyelenggarakan kegiatan baik itu penelitian ataupun pelayanan khususnya di bidang sumber daya mineral, batubara maupun panas bumi dan memiliki kewenangan juga dalam hal penyelidikan mineral. Mineral di perlukan oleh hampir setiap perusahaan industri seperti halnya industri pertanian, penyediaan energi, perumahan, telekomunikasi, kimia serta transportasi. Selain itu dengan adanya perluasan layanan maka Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) juga telah berkontribusi terhadap pengelolaan sumber daya mineral nasional dan memiliki laboratorium PSDMBP sudah terakreditasi LAN.

Maksud dilaksanakannya kunjungan ke Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) yaitu sebagai bentuk kegiatan pembelajaran mengenai mineral, batubara dan juga panas bumi yang dapat dianalisis dengan menggunakan peralatan yang tersedia di laboratorium PSDMBP untuk menunjang hasil pembelajaran di laboratorium geologi UNISBA.
Adapun tujuan dari hasil kunjungan ke laboratorium PSDMBP ini diantaranya :
1. Dapat mengetahui tugas dan fungsi Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi.
2. Dapat mengetahui fasilitas/peralatan apa saja yang digunakan dalam pemboran mineral dan batubara di Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi beserta kegunaannya.
3. Dapat mengetahui hasil analisis di setiap laboratorium yang ada di Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi.

#PSDMBP #kunjunganbelajar #laboratoriumpsdmbp #fasilitaslaboratorium