Inventarisasi Batubara Bersistem

Inventarisasi Batubara bersistem bertujuan untuk melokalisir dan mengetahui potensi sumberdaya batubara di dalam suatu cekungan.

Inventarisasi Batubara Bersistem

Sesuai dengan tugas dan fungsi Pusat Sumber Daya Geologi yang bertanggung jawab atas kegiatan inventarisasi sumber daya bahan galian di seluruh Indonesia. Inventarisasi Batubara bersistem bertujuan untuk melokalisir dan mengetahui potensi sumberdaya batubara di dalam suatu cekungan. Juga untuk mempelajari keadaan gelogi secara umum, khususnya terhadap formasi pembawa batubara.  

Inventarisasi Batubara Bersistem ini dimaksudkan untuk mendapatkan data meliputi tebal, kedudukan arah, jurus dan kemiringan lapisan batubara dan batuan lainnya, kualitas batubara, unsur-unsur geologi lainnya seperti struktur geologi dan kondisi infrastruktur di daerah peninjauan, sehingga dapat diketahui kondisi endapan batubara di kawasan ini. Juga mengidentifikasi keterdapatan keberadaan ukuran bentuk, sebaran, kuantitas serta kualitas endapan batubara di daerah penyelidikan sebagai dasar analisis atau kajian selanjutnya.

Sebagai bahan pertimbangan juga dapat diamati keadaan sosial, ekonomi, budaya dan keadaan alam setempat sehingga karakteristik daerah tersebut secara umum dapat diketahui. Tujuannya adalah untuk mengetahui keadaan geologi, geometri dan dimensi endapan, kualitas dan sumber daya batubara, sehingga seberapa besar potensi batubara daerah ini dapat diketahui. Yang diharapkan data hasil penyelidikan ini dapat bermanfaat untuk pengembangan lebih lanjut.

Metode inventarisasi yang digunakan adalah dengan melakukan beberapa tahapan kegiatan yaitu melakukan studi pustaka yang berkaitan dengan daerah penyelidikan, serta melakukan beberapa jenis pekerjaan antara lain pekerjaan di lapangan yaitu melakukan pemetaan geologi regional dan rinci, pengukuran lintasan dan pengikatan titik bor serta melakukan pekerjaan pemboran inti dan pekerjaan yang dilakukan di Laboratorium, yaitu melakukan analisis kimia dan fisika terhadap beberapa contoh batubara dan batuan lainnya yang diambil dari lapangan.