Sejarah Pusat Sumber Daya Mineral Batubara Dan Panas Bumi

Sejarah Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi

Masa Penjajahan Belanda

1850 :  Dienst Van Het Mijnwezen.

1863 :  Dienst Van Het Mijnwezen digabung ke Direktie Der Budgelijke Openbara Wereken.

1866 :  Dienst Van Het Mijnwezen masuk ke Departemen Van Onderwijs.

1929 :  Dienst Van Het Mijnwezen berubah menjadi Geologische Museum Bandoeng.

Masa Penjajahan Jepang

1942 :  Dienst Van Het Mijnwezen berubah menjadi Kogyoo Zimussho.

1943 :  Kogyoo Zimussho berubah menjadi Chisitu Chosajo : Chisitu Kakari/Perpetaan, Kosan Kakari/Gunung api, Seizu Kakari/Kartografi. 

Republik Indonesia

1945 :  11-9-1945  Dibentuk Jawatan Tambang dan Geologi, Kementerian Kemakmuran.

1952 :  Pusat Jawatan Geologi, Direktorat Pertambangan, Kementerian Perekonomian.

1957 :  Direktorat Pertambangan menjadi Jawatan Pertambangan dan Jawatan Geologi, Departemen Perindustrian Dasar.

1962 : Jawatan Pertambangan dan Jawatan Geologi berubah  menjadi Direktorat Geologi dan Direktorat Pertambangan, Departemen Pertambangan.

1979 : Direktorat Geologi, Direktorat Jenderal Pertambangan Umum (DJPU) yang terdiri dari : Direktorat Sumberdaya Mineral (DSM), Direktorat Geologi Tata Lingkungan (DGTL), Direktorat Vulkanologi (DV), Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi (PPPG), Departemen Pertambangan dan Energi (DPE).

1985 : Direktorat Jenderal Geologi dan Sumber Daya Mineral (DJGSM) yang terdiri dari : DSM, DGTL, DV, PPPG, Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (PPGL), Departemen Pertambangan dan Energi (DPE).

2001 : DJGSM gabung dengan eks DJPU yang terdiri dari : DSM yang berubah menjadi Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral (DIM), Direktorat Geologi Tata Lingkungan dan Kawasan Pertambangan (DGTLKP), Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (DVMB), Direktorat Teknik Mineral dan Batubara (DTMB), Direktorat Pengusahaan Mineral dan Batubara (DPMB), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM).

2005 : DIM berubah menjadi Pusat Sumber Daya Geologi (PSDG) di bawah Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM). Unit lain di bawah Badan Geologi adalah : Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVG), Pusat Lingkungan Geologi (PLG), Pusat Survei Geologi (PSG).

2016 : PSDG berubah menjadi Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM).