Studi Banding Website Dan Lan Ke Ugm

Studi Banding Website dan LAN ke UGM

Pada awal Juni 2008, TIM Website dan LAN Pusat Sumber Daya Geologi telah melakukan studi banding ke Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Tempat yang dituju adalah Bidang Humas  dan Keprotokolan, Pusat Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PPTIK), serta Fakultas Teknik Jurusan Teknik Elektro Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

LAPORAN HASIL STUDI BANDING KE UGM (UNIVERSITAS GAJAH MADA), BULAN JUNI 2008

WEBSITE (BIDANG HUMAS DAN KEPROTOKOLAN)

Hasil diskusi dengan Kepala Bidang Humas dan Keprotokalan, Administrator Website(perwakilan dari PPTIK), antara lain :

1.       Data dibagi dua, yaitu data statis (data yang dikumpulkan pertahun) dan data dinamis, berupa berita.

2.       Dalam pengumpulan data untuk bahan website dibentuk tim pengumpulan data yang terdiri atas:

a.       Reporter yang bertugas mencari dan meliput berita kegiatan yang sesuai dengan konsep visi dan misi lembaga/instansi (UGM berkaitan dengan pendidikan, seperti inovasi baru, penelitian, karya ilmiah dsb.)

b.       Translator/penerjemah bahasa yang bertugas menterjemahkan bahan informasi website dari bahasa Indonesia ke bahasa asing (Inggris)

c.       Editor/Verifikator yang bertugas menyaring informasi yang akan ditampilkan/di informasikan di website.

3.       Dalam pengelolaan  data untuk bahan website dibentuk tim pengeloalaan data yang terdiri atas:

a.       Operator yang bertugas menginput, mengedit data isi website.

b.       Administrator yang bertugas mengelola    isi/konten website dan mengurus masalah programming website.

4.       Pemasukan informasi website melalui satu pintu agar informasi yang diterbitkan di website tidak menyimpang dan sesuai yang diinginkan.

5.       Warna harus kontras antara tulisan dan latar belakang, dalam satu halaman tidak terlalu banyak warna yang berbeda. Perlu gunakan warna corporate secara umum (mengandung unsure biru).

6.       Isi/konten harus menyajikan informasi yang menarik sesuai dengan konsep visi dan misi lembaga/instansi.

7.       Tidak terlalu banyak mengandung gambar flash atau animasi sejenisnya terutama yang ukuran file gambarnya terlalu besar karena akan menyebabkan waktu akses yang lambat bagi pengunjung website sehingga akan ditinggalkan.

8.       Isi/konten website harus selalu diperbaharui dengan informasi terkini yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan seperti berita.

9.       Dalam penyajian berita sebaiknya penulisan judul sesuai dengan tema berita, misalnya seminar panas bumi dengan tema pengembangan sumberdaya panas bumi di Indonesia. Tulis temanya sebagai judul berita.

10.   Tidak perlu ada buku tamu karena terkadang isinya tidak karuan, terkadang dijadikan iklan. Beri saja alamat email admin, nanti oleh admin diteruskan ke alamat yang dituju.

11.   Isi/konten website menggunakan gaya bahasa yang baku.

12.   Bila ada perubahan desain website,  posisi link terkait website atau menu atau berita, usahakan tata letak/posisi pada halaman website tidak terlalu berubah supaya tidak membingungkan pengunjung.

13.   Website UGM tidak menggunakan content management system tetapi mengembangkan sendiri sesuai kebutuhan dengan bahasa pemrograman PHP, database MySQL bekerjasama dengan yayasan gamatech yang ada di lingkungan UGM .

14.   Sistem kerjasama juga melatih sumber daya manusia yang terkait dalam pengelolaan dan maintenance konten website .

15.   Jika ada galeri, maka galeri yang ditampilkan harus berupa value dari photo tersebut bukan hanya ikut nampang.

16.   Tidak menampilkan data secara keseluruhan karena akan memperlambat waktu akses, tetapi berupa queri-queri yang diperlukan sehingga proses lebih cepat dan terarah.

17.   Backup data dan sistem berupa server lagi.

18.   Securiti di website berupa satu pintu supaya terkontrol dan ada software khusus untuk pengamanan (tapi tidak disebutkan).

19.   Hasil kliping bisa discan dan dimasukkan dalam bentuk image.

20.   Data yang berhubungan dengan kita dan diberitakan orang lain bisa diambil dan ditulis kembali asal sumbernya disertakan.

21.   Penampilan berita dilayar hanya ditampilkan 10 poin berita

22.   Target website adalah data dan atau berita, dan bisa juga teknologinya itu sendiri.  

 

 

 

LAN (FAKULTAS TEKNIK, JURUSAN TEKNIK ELEKTRO) 

Hasil diskusi dengan Ketua Jurusan Teknik Elektro, Administrator Jaringan dan para ahli lainnya antara lain :

 

Jaringan Internet Jurusan Teknik Elektro dan Magister Teknologi Informasi UGM.

Server-server yang saat ini ada sekitar 17 buah Server terdiri dari 9 buah Dedicated Server (Server HP Proliant dan IBM yang umumnya menggunakan processor Intel Xeon) dan 8 PC Server/Router (setara Pentium III dan IV). Selain server-server diatas, juga terdapat 4 buah Cisco Catalyst, satu Multilayer Switch Catalyst 3550 yang digunakan sebagai Distribution Switch (Routing dan Filtering Inter-VLAN enable), dan 3 buah Catalyst seri 2950 sebagai Access Switch (VLAN implemented).
Selain Server-server dan Catalyst, juga terdapat Wireless Network yang terdiri dari 9 buah Access Point yang tersebar di setiap Lantai Gedung Jurusan Teknik Elektro UGM.Sistem Operasi yang digunakan pada server-server dan router/firewall kira-kira 80% menggunakan Sistem Operasi FreeBSD, sisanya menggunakan Sistem Operasi Linux (Debian, RedHat dan Mandrake). Aplikasi Layanan jaringan yang terpasang dan aktif antara lain: proxy server, mail server, webserver, ftp server, NIS/NFS, MapServer, File Server (SAMBA), database server dll.
(Sumber:  http://josh.staff.ugm.ac.id/blog/activity/ 

a.  UGM menggunakan system LAN tradisional yaitu system flat network yang mana semua komputer client mendapat hak akses yang sama sampai tahun 2002 yang menimbulkan banyak masalah, seperti virus, akses lambat, data satu sama lain yang berbeda fungsi bisa saling melihat.

b.  Dalam mengatasi masalah tersebut di atas, UGM menggunakan Virtual LAN yang dapat  saling berkomunikasi yang mana ada beberapa hal yang menguntungkan dalam menerapkan system VLAN, yaitu :-  Skalabilitas fleksibel sehingga dapat mengatur hak akses antara  unit yang berbeda fungsi dapat saling berkomunikasi tetapi tidak saling mengganggu privasi data  satu sama lain.-   Fleksibilitas tinggi sehingga dapat mengatur perbedaan lokasi fisik LAN dalam satu subnet.-   Efisiensi  dalam pembatasan akses dan informasi dengan multi layer.-   Kemampuan jaringan yang lebih handal dan aman dibandingkan menggunakan flat network system.

c.  Peralatan minimal yang direkomendasikan dibutuhkan untuk membangun VLAN adalah menggunakan CISCO system yang keuntungannya lebih tahan lama dan sudah teruji, yaitu berupa :-   Dedicated manageable router yang portnya mendukung VLAN.-   Managable switch catalyst yang ada Management VLANnya.-   Distribution switch yang manageable/multi layer switch.

d.  Dalam pengaturan bandwith internet pada waktu tertentu dialokasikan bandwith yang lebih besar pada server yang banyak diakses pengguna internet sesuai kebutuhan.

e.  Perlu adanya backup server minimal 2 (dua) buah server untuk cadangan data.

f.   Server untuk yang chasingnya stand/berdiri menggunakan rak yang menggunakan bahan kuat dapat dipesan sesuai kebutuhan.

g.   Pengaturan kabel-kabel menggunakan dak kabel / penutup kabel agar rapi.

h.  UPS yang digunakan sebaiknya maksimal 60 % dari daya kekuatan UPS misalnya UPS 3 KV maksimal digunakan untuk 4 komputer.

i.   UGM dapat mengadakan kerjasama in house training sertifikasi system CISCO ataupun membangun system informasi dengan instansi lain yang memerlukan.

j.  Apabila ingin memperbaharui jaringan didahului dengan merubah topologi jaringan dan harus diidentifikasi penyebab keluhan pada jaringan yang sudah ada.

k.  UGM banyak mengembangkan system open source.

l.   Wireless LAN sebaiknya dipasang pada posisi strategis misalnya di tengah ruangan rapat dan sedapat mungkin dihindari penyekat dinding/kaca .

m. Sistem komunikasi broadband kabel lebih baik dibandingkan dengan non kabel/wireless.

n. Bila menggunakan proxy, pakailah PC yang memadai, jangan yang rendah kapasitasnya supaya tidak menghambat jaringan.