Iagi Petakan 20 Cekungan Baru

IAGI Petakan 20 Cekungan Baru


Tahun ini, sebanyak 20 cekungan tektonik baru di Indonesia berhasil dipetakan Ikatan Ahlii Geologi Indonesia (IAGI) bekerja sama dengan BP Migas. Cekungan ini diharapkan akan membuka kesempatan bagi pemilik investasi di bidang pertambangan dan energi, selain tentunya semakin menambah cadangan persediaan energi.

Menurut Koordinator Project Basin and Tectonic Indonesia Benyamin Sapiie, ke-20 cekungan tersebut masih dalam tahap eksplorasi. "Hanya saja, cekungan-cekungan tersebut telah diklasifikasikan menurut indikasi hidrokarbon serta perkiraan yang sudah berproduksi," katanya.

Peta Cekungan Sedimen Tersier Indonesia 2008 yang dipublikasikan pada Pertemuan Ilmiah Tahunan IAGI 37 Rabu (27/8) di Hotel Horison itu, memuat 7 cekungan baru dan 13 cekungan yang dimodifikasi. "Modifikasi cekungan adalah penghalusan batas dari cekungan yang sebelumnya telah teridentifikasi. Hal itu dilakukan, untuk memperjelas satu cekungan ternyata bisa menjadi cekungan lainnya seperti di Ombilin, Padang," ujar Benyamin, yang juga Ketua Divisi Tektonik IAGI.

Benyamin mengatakan, pemetaan kali ini menggunakan satu konsep Polyhistory Basin. Konsep ini memiliki keunggulan untuk menjelaskan evolusi cekungan, yang mampu mengidentifikasi cekungan berdasarkan waktu geologis (paleogene dan neogene) sehingga lebih akurat untuk menentukan potensi hidrokarbon."

Pada 1985 cekungan yang baru teridentifikasi 60 cekungan. Sejak saat itu hingga 2007, hanya baru bertambah enam cekungan. Namun, setelah menggunakan konsep yang baru ini, dalam satu tahun kami berhasil memetakan 20 cekungan baru," kata Benyamin. (CA-176) 

Sumber:

http://newspaper.pikiran-rakyat.co.id/prprint.php?mib=beritadetail&id=30159

(Kamis, 28/8/08), 2:16 PM