Jasa Sarana Siap Garap Projek Panas Bumi

Jasa Sarana Siap Garap Projek Panas Bumi

PT Jasa Sarana menyatakan siap menggarap projek panas bumi menyusul terpilihnya sebagai penawar terbaik dalam tender. Untuk itu, BUMD dari Jabar tersebut bersama mitranya akan mencari pendanaan dari lembaga keuangan baik dalam maupun luar negeri.  

"Kami akan menjajaki sumber pendanaan potensial guna membiayai investasi senilai Rp 2,1 triliun," kata Dirut Jasa Sarana Soko Sandi Buwono di Bandung, Senin (1/9). 

Dikatakan, keikutsertaan Jasa Sarana dalam tender panas bumi merupakan upaya perusahaan memanfaatkan peluang dan potensi panas bumi yang cukup besar di Indonesia khususnya Jawa Barat. "Potensi panas bumi di Jawa Barat mencapai 22% dari seluruh potensi nasional," katanya. 

Soko mengatakan, pihaknya siap menghasilkan energi listrik yang bersumber dari panas bumi sebesar 80 mw dari dua lokasi tersebut. Selain berkiprah di panas bumi, BUMD Jabar ini juga menggarap jalan tol Bogor Ring Road, mengembangkan telematika, mengelola sumur marginal, dan mengolah limbah medis. 

Seperti diketahui, pada 19 Agustus 2008 lalu, Dinas Pertambangan dan Energi Jawa Barat telah mengumumkan Jasa Sarana menjadi penawar terbaik dalam tender di dua wilayah kerja pertambangan (WKP) panas bumi. Kedua WKP itu Gunung Tampomas bekerja sama dengan PT Wijaya Karya Tbk. (Wika) dan PT Resources Jaya Teknik Management Indonesia, serta WKP Cisolok-Sukarame bersama mitra PT Rekayasa Industri. 

Selain kedua WKP itu, turut pula diumumkan penawar terbaik di WKP Tangkuban Perahu yang diraih perusahaan patungan PT Indonesia Power dan PT Raser asal AS. Penetapan pemenang melalui Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat dan penandatanganan kontrak akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Para pemenang tender akan mendapat hak konsesi 35 tahun. (A-78) 

Sumber:

http://newspaper.pikiran-rakyat.co.id/prprint.php?mib=beritadetail&id=30923

Selasa, 2/9/08 3:32 PM