Kunjungan Pertemuan Working Group On Mineral Information And Database

Kunjungan Pertemuan Working Group on Mineral Information and Database

Pertemuan WGMID (Working Group on Mineral Information and Database) yang ke-6 merupakan bagian dari ASOMM (ASEAN Senior Officials Meeting on Minerals) dihadiri oleh perwakilan dari Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, DESDM, Indonesia yang diselenggarakan di Manila, Filipina tanggal 13 Oktober 2008. Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh delegasi dari Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand dan Vietnam serta staf dari sekretariat ASEAN.

 Materi pertemuan WGMID diambil dari draft cetak biru ASEAN Economic Community (AEC). Penjabaran yang konkrit dari bagian Pengembangan Sistem Database Mineral ASEAN, antara lain :
1. Untuk mengatur kunjungan teknik pertukaran ahli di bidang database mineral antar negara anggota ASEAN
2. Untuk memperbaharui dan memperkuat sistem akses database mineral
3. Untuk mengembangkan jaringan database perdagangan mineral antar negara anggota ASEAN
4. Untuk memperbaharui dan menunjuk orang yang bertanggung jawab pada Database ASEAN dari setiap negara anggota ASEAN
5. Untuk mengkoordinir dengan kelompok lain seperti perdagangan, penelitian dan pengembangan, pelatihan institusi, informasi peraturan dan kebijakan
6. Untuk mengaitkan halaman web dari informasi mineral ASEAN pada situs web ASEAN

Dalam pertemuan tersebut diajukan proposal proyek baru dalam pengembangan sistem database dan informasi mineral ASEAN yang kemungkinan didanai oleh ASOMM+3. Sasaran dari proposal ini adalah untuk mengintegrasikan data sumber daya mineral dan perdagangan seperti direktori perusahaan, kebijakan pengembangan mineral dan lingkungan, perdagangan ekspor impor, data persediaan dan permintaan, direktori bisnis penelitian dan pengembangan di negara anggota ASEAN ke dalam aplikasi database yang berbasis web untuk mempromosikan database informasi mineral negara-negara ASEAN ke seluruh dunia. Indonesia sebagai pendukung proyek akan menginformasikan ASEAN Federation of Mining Associations (AFMA) akan status pengembangan sistem database dan informasi mineral ASEAN dan berkolaborasi dengan federasi ini untuk mempercepat implementasi sistem database, khususnya dalam memfasilitasi pengumpulan data dari sektor swasta.