Workshop On Coal Bed Methane

Workshop on Coal Bed Methane Enhancing CBM Exploration in Indonesia

Indonesia dengan kekayaan sumberdaya batubaranya yang berlimpah, diperkirakan juga memiliki kekayaan gas methan dalam batubara (CBM) yang cukup potensial untuk dikembangkan sebagai  energi alternatif di masa yang akan datang. CBM adalah energi yang ramah lingkungan, sehingga pemakaian CBM akan mendukung pada upaya pelestarian lingkungan dan pencegahan pemanasan global yang menjadi issu lingkungan penting pada saat ini.

 

 

 

Badan Geologi melalui Pusat Sumber Daya Geologi yang memiliki tugas dan fungsi dalam menggali kekayaan sumberdaya geologi Indonesia termasuk pencarian energi alternatif merupakan salah satu instansi pemerintah yang giat melakukan kegiatan eksplorasi CBM di Indonesia.

Pada tanggal 21-24 October 2008, Pusat Sumber Daya Geologi menyelenggarakan workshop CBM dengan thema Enhancing CBM Exploration in Indonesia di Bukit Tinggi Sumatra Barat, yang dibuka secara langsung oleh Kepala Badan Geologi, DR. Sukhyar. Hadir sebagai narasumber pada workshop ini adalah dua orang ahli CBM dari CSIRO Australia, Dr Mohinudeen Faiz dan Dr Abouma Saghafi. Pembicara lainnya adalah Dr Hadiyanto MSc dan  Rita Susilawati, ST, MSc dari Badan Geologi serta Ir Farida Zed dari Pusdatin DESDM.

Workshop ini diselenggarakan untuk mendukung program pemerintah dalam menggalakkan program diversifikasi energi dan pengembangan energi alternatif. Workshop ini juga merupakan salahsatu upaya Badan Geologi untuk memberikan pengetahuan yang komprehensif mengenai CBM kepada para peserta yang tertarik dalam pengembangan CBM di Indonesia.

Sebanyak kurang lebih 50 orang peserta hadir pada workshop ini. Peserta berasal dari perusahaan minyak dan gas bumi, perusahaan batubara, serta instansi di lingkungan Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral.

Pengetahuan yang diberikan pada worksop ini  meliputi CBM geologi, geologi batubara Indonesia, perkembangan CBM di Indonesia, potensi CBM Indonesia, Cara menghitung gas dalam batubara serta hal-hal lain terkait dengan eksplorasi CBM termasuk Biogenic Gas dan  CO2 sequestration. Berbagai contoh kasus disampaikan dalam workshop ini terutama kasus-kasus yang terjadi di Australia sebagai salah satu negara yang telah sukses mengembangkan dan memanfaatkan CBM sebagai sumber energi. Pada acara workshop ini peserta juga diajak mengikuti kegiatan field trip ke Sawahlunto. Peserta diajak melihat singkapan oil shale dan batubara disamping melihat keberadaan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tambang Bawah Tanah di Sawahlunto.