Serah Terima Kegiatan Joint Study Indonesia-jepang

SERAH TERIMA HASIL KEGIATAN KERJASAMA INDONESIA - JEPANG

JOINT STUDY ON EVALUATION OF COAL RESOURCES AND RESERVES IN INDONESIA

 

Pada tanggal 12 Maret 2009 diselenggarakan presentasi hasil kerjasama JOINT STUDY ON EVALUATION OF COAL RESOURCES AND RESERVES IN INDONESIA yang menandai berakhirnya kegiatan tersebut di Auditorium Gedung ESDM lantai 10, Jakarta. Kegiatan joint study ini telah berlangsung selama 5 tahun (2005-2009) antara pemerintah Indonesia (Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral) dengan pemerintah Jepang (NEDO).

Acara tersebut dihadiri oleh 170 peserta dari berbagai instansi di lingkungan ESDM, perwakilan pemerintah Jepang, pemerintah daerah, universitas/perguruan tinggi, organisasi (IMA, PERHAPI, IAGI, APBI), perusahaan swasta Jepang dan Indonesia yang bergerak di bidang batubara, wartawan media cetak dan elektronik.

Tujuan kerjasama tersebut adalah evaluasi sumber daya dan cadangan batubara Indonesia berdasarkan standar terpadu secara efektif dan tepat guna serta pengembangan sistem untuk penggunaan data yang tersedia dalam berbagai kebutuhan sesuai kepentingan.

Hasil kerjasama joint study adalah berupa Coal Resources and Reserves Evaluation System (CRRES) yang merupakan sistem database digital GIS yang tepat dan akurat.

Kegiatan utama joint study yang dilakukan adalah :

  1. Instalasi sistem 1 dan sistem 2 di kantor Pusat Sumber Daya Geologi Bandung
  2. Konstruksi basis data digital berdasarkan metode yang sudah ditetapkan
  3. Desain dan pembuatan aplikasi GIS terpadu sistem 1 dan sistem 2
  4. Pengumpulan data dan informasi pada area studi (Sumatera dan Kalimantan)
  5. Pembuatan manual dan panduan dalam bahasa Inggris
  6. Pembuatan laporan tahunan