Kerjasama Teknologi Eksplorasi Panas Bumi Indonesia - Jepang

PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUASAAN

TEKNOLOGI EKSPLORASI PANAS BUMI

Kerjasama Indonesia - Jepang

Pada tanggal 14 – 17 April 2009 telah diselenggarakan pertemuan antara Pusat Sumber Daya Geologi, Badan Geologi, Departeman Energi Sumber Daya Mineral dan Japan International Cooperation Agency yang membahas persiapan kerjasama teknik dalam peningkatan kemampuan penguasaan teknologi eksplorasi panas bumi dan kunjungan ke Lapangan Panas Bumi (PT. Pertamina Geothermal), Kamojang, Garut.

Acara ini dhadiri oleh 5 (lima) orang dari JICA dan 10 (sepuluh) orang dari Pusat Sumber Daya Geologi.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia/tenaga ahli Pusat Sumber Daya Geologi dalam penguasaan sain maupun teknologi di bidang kepanasbumian, baik kompetensi dalam eksplorasi/survei lapangan maupun dalam pengelolaan data.

Dengan meningkatnya kemampuan sumber daya manusia Pusat Sumber Daya Geologi, diharapkan Badan Geologi (Pusat Sumber Daya Geologi) dapat memberikan pelayanan data potensi sumber daya panas bumi kepada stakeholders dalam rangka percepatan pengembangan energi listrik tenaga panas bumi, sesuai Peraturan Presiden No. 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional yang telah menetapkan bahwa di tahun 2025 energi panas bumi diharapkan untuk dapat menyumbang sekitar 9500 MW.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :

  1. Membuat database panas bumi dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) yang bisa memuat data geologi, geokimia dan geofisika secara terpadu.
  2. Meningkatkan kemampuan tenaga ahli dalam eksplorasi sumber daya panas bumi.
  3. Meningkatkan kemampuan tenaga ahli dalam pemodelan dan penentuan sumber daya panas bumi
  4. Menyelenggarakan seminar dan workshop panas bumi bagi pemangku kepentingan (stakeholders).