DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  XML Detail


Judul Laporan Survey Tinjau Bitumen Padat Daerah Pujon Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah
Edisi
No. Panggil LF 2016 -3
ISBN/ISSN
Pengarang Tito Darmanto - Personal Name
Didi Kusnadi - Personal Name
Rahmat Hidayat - Personal Name
Yantho Rudi Kris Nusowi - Personal Name
Subyek/Subjek Bitumen padat
Klasifikasi 553.94 MAT l
Judul Seri
GMD BATUBARA
Bahasa Indonesia
Penerbit Pusat Sumber Daya Geologi
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik 33 Halaman, gambar berwarna, Hardcover hijau
Abstrak Bitumen padat merupakan salahsatu komoditas sumber energi altematif yang pengembangan dan pemanfaatannya belum optimal. Meskipun telah diketahui sejak lama, pengembangan sumber energi dari bitumen padat selalu mengalami kendala, sehingga sampai saat ini, kontribusinya pada bauran sumber energi nasional maupun di dunia bclum kentara. Penyelidikan bitumen pa merupakan kontribusi Pusat Sumber Daya Geologi, khususnya Kelompok Penyelidikan Batubara untuk mendukung program diversifikasi energi.
Kapuas Penyelidikan bitumen padat di daerah Pujon, Kabupaten yang menunjukkan keberadaan endapan bitumen padat pada Formasi arukin Blok tersebar pada 3 (tiga) lokasi yaitu Blok Marapit, Blok dan Balaibanjang. Sebagian besar conto bitumen padat dan daerah Pujon memiliki kapasitas batuan sumber istimewa dengan potensi pembentukan bail imewa P5 mg/g batuan) pada saat puncak kematangan termal sumber tercapai. Berdasarkan hasil pengukuran reflektansi vitrinit maupun pengukuran conto bitumen padat dari daerah Pujon mengindikasikan tingkat kematangan termal hidrokarbon "belum matang" 0.6%, conto bitumen dari Blok Balaibanjang memiliki kecenderungan membentuk gas, bitumen dari Blok Marapit lebih cenderung untuk membentuk minyak, sedangkan conto bitumen dan blok Karukus Bohot menunjukkan variasi produk hidrokarbon yang dapat dibentuk (minyak dan gas).
Bitumen padat dari daerah Pujon memiliki potensi rendah, hidrokarbon akan i dengan tingkat gan tommal tersebut, dipertukan suatu proses pemanasan buatan terhadap endapan dan untuk menghasilkan produk hidrokarbon dapat dimanfaatkan dikembangkan sebagai salah satu sumber energi altematif.
Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya