DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  XML Detail


Judul Laporan Eksplorasi Umum Endapan Zirkon di Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur Provinsi Kalimantan Tengah
Edisi
No. Panggil LF 2016 - 5
ISBN/ISSN
Pengarang Wawan Setiyawan - Personal Name
Bayu Sayekti - Personal Name
Subyek/Subjek Zirkon
Klasifikasi 553.31.4 AYU l
Judul Seri
GMD LOGAM
Bahasa Indonesia
Penerbit
Tahun Terbit 2016
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik 39 Halaman, lampiran foto, berwarna, cover kuning
Abstrak Secara administratif, daerah Eksplorasi Umum Endapan Zirkon berada di Kecamatan Telawang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah dan secara geografis terletak pada 112° 25' 59,9232" - 112° 34' 18,03" Bujur Timur dan 2° 12' 45,3492" - 2° 20' 42,6768" Lintang Selatan.
Daerah Eksplorasi Umum Endapan Zirkon tersusun atas Satuan Batupasir sisipan Lempung (Psi), berwama kelabu hingga coklat kehitaman, berbutir ha/us hingga kasar, bersisipan lempung kaolinit, satuan ini kemungkinan berasal dari Formasi Dahor (TQd). Sebaran satuan batuan. ini umumnya membentuk punggungan-punggungan dari daerah morfologi pedataran rendah, sebarannya meluas di sebelah kiri dan kanan dari daerah eksplorasi. Setempat sisipan kaolinnya mencapai tebal ± 2 m, pada umumnya berwama putih, kelabu sampai kekuningan, masih mengandung pasir kuarsa ha/us sampai sedang. Satuan A/uvium (Qa), yang terdiri dari pasir, kerikil dan lempung. Pasir pada umumnya berupa pasir kuarsa berbutir ha/us sampai kasar, berwama putih sampai putih kecoklatan. Kerikil juga didominasi oleh kuarsa dan fragmen batuan malihan (kuarsit). Jenis komposisional dari butiran yang umum dijumpai dapat dikelompokkan ke dalam monominera/ dan kelompok fragmen batuan. Kelompok monomineral yang umum dijumpai adalah jenis-jenis kuae_a seperti kuarsa susu, ilmenit, rutil, hematit,• fragmen batuan termasuk kuarsit. Lempung umumnya terdiri dari lempung kaolinit, berwama putih sampai putih abu-abu. Sebaran batuan ini menempati wilayah pedataran yang luas di daerah eksplorasi, terutama di sepanjang aliran Sungai Seranau.
Sumberdaya terunjuk mineral bukan logam (pasir zirkon) yang terdapat di daerah eksplorasi umum adalah 514.360 ton. Pasir zirkon di daerah eksp/orasi be/um dapat digunakan secara langsung sebagai bahan baku industri, masih harus dilakukan proses pengolahan lebih lanjut untuk meningkatkan kadar dan mutunya. Proses pengo/ahan disarankan menggunakan prinsip pemisahan berdasarkan berat jenis, perbedaan sifat kemagnetan dan perbedaan sifat kelistrikan.
Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya