DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  XML Detail


Judul Survey Tinjau Gambut, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau
Edisi
No. Panggil LA 2017 - 4
ISBN/ISSN
Pengarang Ujang Rustandi - Personal Name
Priyono - Personal Name
Wawan Setiawan - Personal Name
ibnu sina - Personal Name
Subyek/Subjek Gambut
Klasifikasi 553.94 IAU l
Judul Seri
GMD BATUBARA
Bahasa Indonesia
Penerbit Pusat Sumber Daya Mineral BatuBara dan Panas Bumi
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik 30 Halaman, gambar berwarna, hardcover hijau
Abstrak Penyelidikan endapan gambut di Kabupaten lndragiri Hilir, Provinsi Riau dilakukan untuk memperoleh informasi awal endapan gambut. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder berupa pencarian data dan informasi mengenai daerah yang bersangkutan, baik informasi dari pemerintah setempat, data pendukung geologis, penyelidik terdahulu, dan segala informasi yang menunjang, sedangkan penyelidikan di lapangan sebagai bentuk kegiatan primer dengan cara pengeboran tangan endapan gambut dan berbagai informasi dari pemerintah serta penduduk setempat.
Daerah penyelidikan terletak dalam Cekungan Sumatra Tengah, yaitu pada
posisi ..".Back Arc". Batuan tertua yang dijumpai disekitar daerah tersebut yaitu batuan yang berumur Pra Tersier, yang tersingkap disekitar Kepulauan Karimun,
terletak disebelah Timur Kabupaten Pelalawan, terdiri d~ batuan meta kuarsit, granit, dan tufa, sedangkan batuan yang berumur Tersier umumnya terdiri dari batuan sedimen yang terdiri dari batupasir, batulempung, batubara, dan sebagainya sedangkan pada Plistosen Atas terdapat endapan Aluvium Tua, dan pada Holosen terdapat endapan Aluvium, yang mana pada endapan aluvium tersebut terdapat endapan pasir, lempung, sisa-sisa tumbuhan dan endapan gambut yang diendapkan dalam lingkungan paralik sampai fluviatil.
Hasil penyelidikan endapan gambut sebanyak 35 titik bor yang tersebar pada formasi Qac sebagai formasi pembawa endapan Gambut dan dibagi menjadi tiga blok yaitu Blok.Sungai Gaung, Blok Sungai Gaung Anak Serka dan Blok Kempas Jaya, masing-masing dengan ketebalan endapan gambut berkisar antara 1,00 m - 3,00m.
Dari hasil analisis laboratorium dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kalori endapan gambut untuk masing-masing blok didaerah penyelidikan sebagai berikut : Blok Sungai Gaung 4.754 kal/g, blok Sungai Gaung Anak Serka 4.519 kal/g dan Blok Kempas Jaya 4.547 kal/g. Gambut di daeah penyelidikan digolongkan dalam kategori Peat- Lignite.
Sumberdaya hipotetik endapan gambut untuk ketiga blok tersebut sebesar 422.146.450 Ton gambut kering, dan mempunyai luas sebaran endapan gambut sekitar 1.550.691.243 m2 atau sekitar 155.069 hektar
Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya