DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  XML Detail


Judul Prospeksi Batubara Daerah Long Bagun dan sekitarnya, Kabupaten Mahakam Hulu, Provinsi Kalimantan Timur
Edisi
No. Panggil LF 2017 - 4
ISBN/ISSN
Pengarang Robert L.Tobing, ST., MT. - Personal Name
Hans E. A. Siregar, S.T - Personal Name
Asep M. Rizal - Personal Name
Sandi Rukhiyat - Personal Name
Subyek/Subjek BATUBARA
Klasifikasi 553.94 MUR l
Judul Seri
GMD BATUBARA
Bahasa Indonesia
Penerbit Pusat Sumber Daya Mineral BatuBara dan Panas Bumi
Tahun Terbit 2017
Tempat Terbit Bandung
Deskripsi Fisik 29 Halaman, gambar berwarna, lampiran tabel, lampi
Abstrak Prospeksi batubara di daerah Long Sagun dan sekitarnya, Kabupaten Mahakam Ulu, Provinsi Kalimantan Timur dilakukan dalam rangka menindaklanjuti permintaan Bupati Mahakam Ulu dengan surat nomor: 503/303/Bappeda/TU.P/X/2013 tertanggal
04 Oktober 2013 perihal investigasi dan penelitian potensi sumber daya mineral, batubara dan minyak/ gas bumi serta fasilitasi pembangunan bidang ketenagalistrikan di Kabupaten Mahakam Ulu.

Secara geologi daerah penyelidikan berada pada Cekunqan Kutai. Cekungan ini tersusun oleh Formasi Selangkai, Kelompok Embaluh, Batupasir Haloq dan Formasi Batu Kelau, Batupasir Haloq, Formasi Batu Kelau, Formasi Batu Ayau, Anggota Batupasir Lenmuring, Anggota Batugamping Batu Selah, Formasi Ujoh Bilang, Batuan Gunungapi Metulang, dan Endapan Aluvial. Formasi pembawa endapan batubara di daerah penyelidikan di duga berada pada Formasi Batu Ayau.

Dari hasil pemetaan geologi dan pembuatan sumuran/parit uji di lapangan, ditemukan
9 (sembilan) lokasi singkapan batubara dengan ketebalan berkisar 0, 15 hingga 2, 15 meter. Hasil rekonstruksi data yang dilakukan, endapqn batubara di daerah penyelidikan diperkirakan terdiri dari 9 (sembilan) lapisan bafubara dan diberi notasi seam A, seam B, seam C, seam D, seam E, seam F, seam G, seam H, dan seam I dengan sebaran relatif berarah barat-timur dan baratdaya-timurlaut.

Berdasarkan data hasil analisis laboratorium, batubara di daerah penyelidikan memiliki nilai kalori (adb) berkisar 4.901 - 8.113 kal/g. Diperkirakan sumber daya batubara di daerah Long Sagun dan sekitarnya sebesar 3.775.200 ton dengan kategori sumber daya tereka.
Detil Spesifik
Gambar Sampul
Lampiran
LOADING LIST...
Ketersediaan
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya